Bingung mau pilih sablon manual atau sablon digital Cek dulu boss

Bingung mau pilih sablon manual atau sablon digital Cek dulu boss

Bingung mau pilih sablon manual atau sablon digital Cek dulu boss

Bagi anda yang berencana memulai usaha clothing, membutuhkan sablon manual dan supplier sablon kaos manual, sedang mencari vendor sablon kaos, ingin memproduksi kaos dengan design yang akan dicetak dengan tehnik sablon, disini kami akan coba jelaskan perbedaan antara tehnik sablon manual dan sablon digital. Namun yang pasti, baik sablon manual atau digital memerlukan komputer untuk proses produksinya .

Namun demikian mengapa para produsen kaos distro tetap menggunakan teknik sablon manual ? Karena kualitas sablon yang dihasilkan lebih bagus dari pada sablon digital, dan hasilnya lebih tahan lama. Selain itu, variasi tinta sablon manualpun beragam, misalnya tinta rubber, superwhite, pigment, emas, sablon timbul, plastisol, fosfor, dan lain sebagainya. Untuk bidang sablonpun tehnik sablon manual mempunyai keunggulan dibandingkan digital, bidang gambar bisa lebih besar dari A3, bahkan bisa full print.

Baca juga Karakter dan jenis cat sablon manual

Untuk sablon manual, prosesnya lebih rumit dibandingkan dengan sablon digital. Peralatan yang digunakan lebih banyak, yaitu antara lain, printer laser, rakel, screen, alat pengering, dan meja sablon. Dan warna yang diperoleh tidak full color seperti sablon digital, jadi masing-masing warna membutuhkan cetakan printer laser sendiri-sendiri. Jadi prosesnya, dengan menggunakan komputer, Anda harus memisahkan tiap warna dari desain Anda. Setelah dipisahkan, warna tersebut harus diubah menjadi warna hitam dengan komputer Anda. Baru setelah itu dicetak dengan printer laser. Pencetakan dilakukan untuk tiap warna yang akan disablon. Setelah dicetak, Anda harus membuat screen dengan hasil cetakan tersebut. Kemudian screen disemprot dengan alat penyemprot, sehingga nantinya yang akan disablon ke kaos berlubang. Setelah screeen selesai (untuk semua warna), Anda mulai dapat menyablon ke permukaaan kaos dengan menggunakan screen yang sudah Anda buat. Caranya, screen Anda letakkan di atas kaos, lalu tuangkan pasta sesuai warna yang diinginkan ke atas screen. Dengan menggunakan rakel, tarik pasta tadi secara merata kepermukaan screen yang berlubang tadi, sehingga pasta tadi turun ke kaos. Lalu keringkan kaos, dan lakukan hal yang sama untuk warna yang lain (dengan screen yang lain). Jadi, memang cukup panjang proses membuat sablon secara manual.

Baca juga Mengapa memakai tinta sablon superwhite?

Proses pengerjaan sablon digital relatif lebih mudah, lebih cepat namun jumlah produksi yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan sablon manual. Peralatan yang diperlukanpun relatif lebih sedikit. Untuk memulai bisnis sablon digital, Anda hanya memerlukan printer yang telah dimodifikasi, sehingga dapat menampung tinta khusus, yaitu tinta sublim, saat ini juga telah tersedia printer yang dimodifikasi untuk printer DTG. Anda juga memerlukan hotpress machine. Prosesnya sederhana, Anda tinggal membuat desain gambar seukuran A4/A3 dikomputer, kemudian posisi gambar Anda balik, lalu tinggal cetak dengan menggunakan printer. Untuk sablon dengan tinta sublime, kertas yang digunakan untuk mencetak sebaiknya inkjet paper, sedangkan untuk sablon DTG, gambar langsung dicetak pada kaos. Setelah selesai pencetakan, kaos dipress dengan menggunakan hot press machine. Lalu press kaos dengan kertas hasil cetakan tadi sekitar 30 detik, dan hopla, sablonan Anda sudah jadi. Yang perlu diperhatikan adalah, jika Anda mencetak dengan inkjet paper, maka kaos yang Anda pergunakan harus memilik campuran polister, tidak bisa kaos berbahan katun 100%. Namun jika Anda menggunakan transfer paper, gambar dapat dicetak ke kaos katun tersebut, dengan transfer paper menempel ke kaos. Hasil warna yang tercetak di kaos adalah full color, sesuai dengan warna yang ada di komputer, namun itu juga tergantung tinta sublim yang dipergunakan, apakah berkualitas atau tidak.

Sekarang, setelah masbro/mbaksis mengetahui perbedaan antara keduanya, masbro/mbaksis dapat memilih tehnik sablon mana yang akan digunakan, pilih sesuai kebutuhan masbro/mbaksis semua. Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi kustomer kami.

Demikian sedikit informasi yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.
Semoga Bermanfaat. Sukses Selalu.

Hubungi kami untuk keterangan dan info lebih lanjut.

KUSTOMER SERVIS: RIAN / ASTRID
TELP: 081287725979 / 085781994159
SMS: 081287725979 / 085781994159
Whatsapp: 081287725979 / 085781994159
LINE: cs.indysmokeclothing
TELEGRAM: csindysmokeclothing
Email: csindysmoke@gmail.com

please follow IG:indysmokeclothing

Mau lihat produk apa saja yang pernah kami kerjakan?

klik here

klik disini ya gan 🙂

Baca juga

Informasi seputar industri tekstil didunia

Tempat sablon kaos manual di Tangerang-Jakarta

Konveksi jaket sablon dan bordir di Tangerang Jakarta

Konveksi kaos kerah sablon dan bordir

Vendor sweater kustom hoodie, zipper bordir dan sablon

Vendor jaket baseball varsity sablon dan bordir

Tempat pemesanan sablon dan bordir kaos, jaket, kemeja dan topi

Tempat pemesanan kemeja seragam bordir dan sablon

Tips merawat kaos sablon

Katun kombed 20s, 24s, 30s dan 40s. Apa sih bedanya?

 Apa bedanya bahan fleece dan babby terry?

Karakter dan jenis cat sablon manual

Mengapa memakai tinta sablon superwhite?

Karakter dan jenis tinta sablon rubber

Bingung mau pilih sablon manual atau sablon digital? Cek dulu boss

Sejarah dan perkembangan kaos oblong didunia

Kaos dengan design paling booming didunia

Pabrik kaos oblong tertua dalam sejarah manusia

Separasi CMYK, Separasi Spot Color, apa aja sih perbedaan dan persamaannya?